Install Linux Itu Mudah

0
46
views

MELEK-IT.com, TEMBILAHAN – Hai sahabat Melek IT, pada postigan kali ini, kita akan membahas cara Install Linux OS. Linux OS adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh seorang mahasiswa Universitas Helsinki (Finlandia) yaitu Linus Torvalds. Linux OS merupakan sistem operasi berbasis Open Source (Kode Sumber Terbuka) yang artinya siapa saja bisa  berkontribusi dan bisa mengembangkan OS (Sistem Operasi) ini menjadi OS yang sesuai dengan keinginannya. Banyak varian distro Linux yang saat ini berkembang seperti Ubuntu, Linux Mint, Fedora, Linux Lite, Xubuntu dan masih banyak jenis distro lainnya. Pada postingan ini kita akan membahasa step by step installasi sistem operasi Xubuntu. Xubuntu ini sendiri dikembang oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Jani Monoses. Yuk kita simak step by step install Xubuntunya.

1. Persiapkan OS Xubuntunya dulu, bisa lewat CD atau FD (Flash Drives) bagi yang belum baca tutorial cara membuat OS Xubuntu menggunakan FD bisa baca tutorialnya di sini. Bagi yang ingin download OS Xubuntunya bisa di download di sini.

2. Masuk ke bios lalu ganti bootingnya lewat FD, untuk bisa masuk ke BIOS setiap komputer atau laptop berbeda-beda, pada Laptop yang saya gunakan untuk masuk ke BISO menggunakan tombol F10 sementara untuk settingan Bootingnya bisa menekan tombol Esc aja. Jangan lupa

3. Selanjutnya untuk bootingnya langsung saja kita pilih Flashdrive yang telah kita pasangkan pada perangkat Leptop atau komputer kita.

4. Pada tahapan ini ada beberapa pilihan yang diberikan, apakah Xubuntu mau langsung diinstall atau dicoba dulu, karena kita ingin melakukan installasi Xubuntu, langsung saja pilih Install Xubuntu

5. Tampilan loading pertama saat Xubuntu dalam tahapan persiapan untuk Installasi

6. Kita masuk kedalam tahapan Installasi pertama yaitu menetukan Bahasa yang akan kita gunakan, jika sudah langsung klik Continue

7. Selanjutnya kita diminta untuk memilih Keyboard Layout, jika tidak ada perubahan langsung saja klik Continue

8. Pada tampilan Updates and other soft langsung kita klik saja Continue

9. Pada tahapan ini, hati-hati dalam menentukan pilihan, jika salah pilih maka semua data kita di hardisk akan musnah. Jadi untuk amannya pilih Something else

10. Kita masuk pada proses pembagian partisi untuk sistem opersi Xubuntu. Ada 2 (dua) partisi yang harus kita siapkan yaitu partisi Swap dan Ext4 dengan rincian sebagai berikut :
a. Partisi Swap : adalah jenis partisi yang digunakan sebagai virtual memory atau RAM tambahan, untuk ukurannya biasanya adalah 2 x besarnya ukuran RAM, misalnya jika RAM yang kita miliki sebesar 2GB makan kita harus membuat partisi Swapnya sebesar 4GB.
b. Partisi Ext4 : adalah jenis yang bisa digunakan untuk installasi sistem operasi Linux Xubuntu. Untuk ukurannya disesuaikan untuk kebutuhan. Minimal 15GB.

11. Yuk lanjutkan ketahapan selanjutnya, yaitu proses penentuan Regional atau lokasi kita agar jam dan tangganya bisa sesuai.

12. Untuk tahapan ini, kita tentukan user dan password serta nama untuk perangkat yang kita gunakan, jika sudah diisi klik Countinue

13. Selesai mengisi data user dan password serta nama perangkat yang digunakan pada tahapan selanjutnya tinggal kita tunggu saja proses installasi Xubuntu selesai, jika sudah 100% maka akan munjul informasi untuk melakukan restart komputer. Langsung direstart aja, trus jangan lupa untuk melepaskan flashdrivenya.

Untuk lebih detailnya silahkan lihat video turorialnya di sini.

Ok, sekian dulu tutorial Install Linux Itu Mudah, nantikan tutorial lainnya di MELEK-IT.com. Jangan lupa share jika memang tutorial ini bermanfaat dan klik berlangganan untuk update tutorial terbaru dari MELEK-IT.