Cara Penggunaan Google Drive

0
153
views

MELEK-IT.com, TEMBILAHAN – Hai sahabat Melek IT, pada tutorial kali ini, Kita akan membahas tentang “Cara Penggunaan Google Drive“. Google Drive adalah Cloud Storage yang disediakan oleh perusahaan Google. Cloud Storage adalah media penyimpanan data pada server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan. Dengan menggunakan Google Drive anda tidak perlu membawa perangkat penyimpanan seperti Flash Drive atau Hard Drive kemana-mana, karena Google Drive bisa diakses dimana saja dan kapan saja menggunakan akses internet. Hampir disetiap perangkat Smartphone saat ini sudah terinstall aplikasi Google Drive. Ok langsung saja kita simak “Cara Penggunaan Google Drive”.

Untuk dapat menikmati layanan ini (Google Drive) anda harus sudah memiliki akun Google yang masih aktif. Bagi yang belum memiliki akun Google cek tutorialnya di sini.

1. Aktifkan aplikasi web browser anda dan akses situs www.google.com/drive/  lalu klik Go to Google Drive

2. Klik Baru atau Drive saya lalu klik Folder untuk membuat Folder baru

3. Ketikkan nama folder sesuai dengan yang kita inginkan lalu klik Buat

4. Klik dua kali pada folder yang sudah kita buat, lalu drag atau upload file yang kita inginkan. Jika file yang kita upload merupakan dokumen rahasia, anda bisa memberi kata sandi terlebih dahulu agar lebih terjamin keamanannya

5. Klik kanan pada file yang telah kita upload lalu pilih “Dapatkan link yang dapat dibagikan” dan pilih “Setelan berbagi” untuk menampilkan pengaturan file

6. Akan muncul kotak dialog pengaturan file yang terdiri dari Nonaktif, Edit, Komentan, Melihat dan Lainnya. Keterangannya sebagai berikut :
a. Nonkatif : Hanya orang tertentu saja yang bisa mengakses file yang telah kita upload
b. Edit : Siapa saja bisa mengedit file yang kita upload
c. Komentar : Siapa saja bisa berkomentar pada file yang kita upload
d. Melihat : Siapa saja bisa melihat file yang kita upload
e. Lainnya : Pengaturan lebih lajut untuk file yang kita upload

7. Pada pengaturan Lainnya kita bisa menetukan apakah file yang kita upload bisa diakses publik atau hanya orang-orang yang diberi hakses saja, jika setingannya sudah selesai lanjutkan dengan mengklik Simpan

8. Klik Salin Link jika menurut Anda pengaturan filenya sudah sesuai dengan keinginan, dan file yang Anda upload siap untuk debagikan.

Untuk lebih detailnya silahkan lihat video turorialnya di sini.

Ok, sekian dulu tutorial “Cara installasi dan penggunakan aplikasi XDM, nantikan tutorial lainnya di MELEK-IT.com. Jangan lupa share jika memang tutorial ini bermanfaat dan klik berlangganan untuk update tutorial terbaru dari MELEK-IT.